Usman Sang Kuncen

gabtol

Danau yang terletak di kaki gunung Gamalama itu bernama Tolire di pulau Ternate Maluku Utara. Dengan bentuk seperti loyang raksasa dan kedalamannya kuarang lebih 50 meter dari tepi danau tempat kita berdiri hingga ke permukaan airnya, danau ini menyimpan banyak mitos dan misteri. Mulai dari awal terjadinya yang merupakan sebuah kutukan dari sebuah desa sampai misteri buaya putih yang tinggal di dalam danau itu. Banyak sudah penelitian akan danau Tolire namun tetap saja misteri belum terungkap.

Ada satu hal yang aku alami saat mengunjungi danau Tolire ini, melempar batu dari tepi danau namun batu yang kulempar tersebut seakan hilang tanpa berhasil menyentuh permukaan danau. Berkali kucoba dan tak berhasil juga akhirnya kuputuskan tuk hunting foto sekitar danau. Dikejauhan nampak segerombolan burung-burung berwarna putih, kucoba bidik namun sayang tak berhasil karena lensa yang kupakai kurang panjang dan posisi gerombolan burung-burung itu terlalu jauh.

Tak berapa lama aku dihampiri seseorang bernama pak Usman, sepertinya beliau tau apa yang kumau..lalu beliau mulai meneriaki dengan nada yang khas dan segerombolan burung-burung itu-pun mulai mendekat ke arahku dan pak Usmanpun berkata “silakan pak foto, mereka mulai mendekat”..tak sanggup aku berkata-kata hanya takjub yang terasa.

1425630_191684484353091_137869749_n

Share Button

You may also like...