Tips Latihan Snorkeling & Menyelam Bebas

1458577_197216357133237_1290344228_n

Mulai dari Jakarta (P. Seribu) hingga Papua (Raja Ampat) dan semua pulau yang ada di Indonesia alam bawah lautnya bagus banget. Yang punya duit bisa diving dan yang duitnya ngepas bisa snorkeling atau nyelem-nyelem dikitlah…karena di kedalaman mulai dr 1 hingga puluhan meter underwater kita layaknya surga bawah laut.

Namun kadang kita terbentur oleh kondisi gak bisa renang jadinya takut tenggelam atau pake pelampung tapi gak bisa nyelem…yg terakhir dah bisa ngapung tanpa¬†pelampung tapi kakinya cepet pegel…

Berikut langkah-langkah atau teknik yang dapat dilatih di kolam renang supaya kita nyaman saat menikmati alam bawah laut dengan snorkeling dan menyelam bebas :

1. Membiasakan diri
Bernafas dari mulut menggunakan snorkel gear dan mengayuh fin dengan nyaman, teknik ini juga melatih kita untuk tidak panik (takut tenggelam) dan memberi kepercayaan diri kita bahwa berenang itu mudah.

2. Mengapung tanpa pelampung
Dengan gerakan seperti genjot sepeda maka tubuh kita akan terangkat ke permukaan air dan fin membantu mempermudah daya apung serta menghemat tenaga, jadi gak cepet pegel.

3. Istirahat 
Lama kelamaan kan pegel juga klo ngapung terus, teknik istirahat ini akan mengembalikan otot-otot kaki kita yang pegel karena pada prinsipnya di air tubuh kita sudah mengapung dengan sendirinya.

4. Snorkeling keliling
Jika teknik 1-3 sudah bisa mulailah bersnorkeling keliling kolam, teknik ini dilakukan bertahap berkaitan dengan daya tahan tubuh. Teknik ini melatih kita saat berada di laut yang gak ada pegangan untuk istirahat dan kita snorkeling tanpa pelampug.

5. Clear masker
Membersihkan masker saat berembun atau kemasukan air, ada 2 cara yang pertama membersihkan atau membilasnya di permukaan dengan posisi mengapung dan yang kedua meniup dengan hidung masker kita saat berada di dalam air. Yang kedua ini juga dilatih saat kita kursus menyelam dengan scuba.

6. Menyelam
Sekarang waktunya mencoba menyelam sedikit, dengan memposisikan tubuh kita secara vertikal saat masuk ke dalam air akan lebih mudah tentunya. Beberapa teknik menyelam bebas ini juga butuh latihan yang intens seperti melatih nafas kita, membiasakan telinga kita di kedalaman dan lain sebagainya. Yang asiknya lagi jika kita sudah terbiasa menyelam bebas selain dapat lebih dekat ke ekosistem bawah laut juga bisa menyalurkan hoby fotografi atau jadi modelnya underwater.

7. Latihan di laut
Bagaimanapun juga kolam renang dan laut berbeda, dilaut lebih sulit menyelamnya karena pengaruh kadar garam tapi lebih mudah mengapungnya..contohnya mengapung di laut mati yang berkadar garam tinggi.

demikia beberapa teknik yang dapat kita coba di kolam renang…selamat berlatih Langers.

Share Button

You may also like...