Tips Bersnorkeling & Menyelam Bebas

1. Masker dan snorkel
Disarankan untuk membeli masker dan snorkel yang baru agar kondisi karet masih bagus dan dapat melekat erat sesuai dengan bentuk wajah kita saat dikenakan untuk mencegah kebocoran. Terutama pipa snorkel yang akan terasa nyaman saat kita pakai karena baru.

2. Masker berembun
Perbedaan suhu di air dgn suhu badan kita menyebabkan munculnya embun (fogging) di masker saat kita gunakan. Oleskan pasta gigi atau shampo bayi ke kaca bagian dalam masker. Biarkan pasta gigi atau shampo bayi menempel pada masker beberapa saat dan bilas dengan air laut sesaat sebelum digunakan untuk menyelam.

3. Fin yang pas
Seperti halnya masker, fin atau sepatu katak juga disarankan membeli baru agar kita dapat memakai fin tersebut dengan pas di kaki kita dan nyaman saat digunakan.

4. Snorkel dan bernafas
Latihlah pernafasan kita dengan menggunakan snorkel 5-10 menit sebelum kegiatan snorkeling di lakukan.

5. Pakaian
Gunakan pakaian bertangan panjang dan celana panjang serta berwarna cerah. Fungsi pakaian tersebut melindungi kita dari goresan karang atau sengatan ubur dan dapat terlihat dari kejauhan saat bersnorkeling.

6. Sunblock
Sengatan matahari membuat kulit terbakar, sunblock dengan spf tinggi akan melindungi kulit kita. Kenakan sunblock di seluruh tubuh sebelum kegiatan snorkeling.

7. Pelampung
Siapapun dapat melakukan kegiatan snorkeling, baik yang belum bisa berenang sekalipun, caranya dengan menggunakan pelampung yang dikenakan seperti rompi.

8. Pendampingan
Sebaiknya kegiatan snorkeling dilakukan dalam grup atau rombongan, dimana ada satu atau lebih instruktur atau ranger yang mengetahui seluk beluk perairan itu dan memiliki pengalaman untuk membantu peserta snorkeling saat ada masalah.

lombok

Share Button

You may also like...