Snorkeling & Menyelam Bebas

Snorkeling atau selam permukaan adalah kegiatan rekreasi air yang populer saat ini. Dengan keanekaragaman alam bawah laut indonesia yang kaya, kita dapat menikmati ekosistem bawah laut seperti terumbu karang, ganggang laut yang beraneka macam, penyu dan sudah barang tentu ikan-ikan yang beraneka warna hanya dari permukaannya laut. Selain itu, snorkeling juga dilakukan di danau air tawar atau sungai.

free dive atau menyelam bebas adalah kegiatan berenang menyelami laut untuk melihat lebih dekat ekosistem yang ada dengan menahan nafas. Level kedalaman yang bisa dicapai oleh seorang penyelam bebas tergantung pada seberapa lama penyelam itu menahan nafasnya, standar penyelam pemula 30 detik sampai 1 menit namun dengan latihan yang intens, seorang penyelam bebas dapat bertahan hingga lebihdari 1 menit menahan nafas dan dapat mencapai level kedalaman hingga lebih dari 5 meter.

peralatan yang dibutuhkan untuk kegiatan snorkeling dan free dive adalah masker selam dan snorkel. Selain itu, penyelam sering mengenakan alat bantu gerak berupa kaki katak (fin) untuk menambah daya dorong pada kaki.

Snorkel adalah peralatan selam berupa selang berbentuk huruf J dengan pelindung mulut di bagian ujung sebelah bawah. Alat ini berfungsi sebagai jalan masuk udara ketika bernapas dengan mulut tanpa harus mengangkat muka dari permukaan air.
Kegiatan snorkeling bisa dilakukan semua orang. Penyelam yang tidak bisa berenang atau tidak bisa mengapung bisa mengenakan baju pelampung.

Selain menguasai cara bernapas dengan mulut melalui snorkel, kegiatan snorkeling tidak memerlukan pendidikan khusus. Pemula yang belum pernah melakukan snorkeling bisa mempelajarinya dalam waktu singkat dari pemandu selam. Cara mengenakan masker, snorkel, dan kaki katak bisa dipelajari dari pemandu selam.

Setelah menguasai snorkeling, kita dapat mencoba berlatih menyelam bebas, tentunya dengan belajar atau berlatih cara mengapung tanpa pelampung dari pemandu selam, sebab menyelam bebas kita harus melepaskan pelampung agar dapat masuk ke dalam laut atau menyelam serta berlatih mengatur/menahan nafas kita.

snorkel & fin

Share Button

You may also like...