Siapa Wisanggeni saat ini

Wisanggeni adalah nama seorang tokoh pewayangan yang tidak terdapat dalam wiracarita Mahabharata, karena merupakan tokoh asli ciptaan pujangga Jawa. Ia dikenal sebagai putra Arjuna yang lahir dari seorang bidadari bernama Batari Dresanala, putri Batara Brama. Wisanggeni merupakan tokoh istimewa dalam pewayangan Jawa. Ia dikenal pemberani, tegas dalam bersikap, serta memiliki kesaktian luar biasa.

Secara fisik, Wisanggeni digambarkan sebagai pemuda yang terkesan angkuh. Namun hatinya baik dan suka menolong. Ia tidak tinggal di dunia bersama para Pandawa, melainkan berada di kahyangan Sanghyang Wenang, leluhur para dewa. Dalam hal berbicara, Wisanggeni tidak pernah menggunakan bahasa krama (bahasa Jawa halus) kepada siapa pun, kecuali kepada Sanghyang Wenang. Ini adalah falsafah bahwa sesungguhnya derajat manusia itu sama saja baik kaya, miskin, tua, muda, tuan dan budak. Tokoh Wisanggeni adalah suatu femomena yang ganjil dalam kebudayaan Jawa yang sangat feodal. Tak pernah mengenal rasa takut.

1278928_180197062168500_233905379_o

Wisanggeni digambarkan mempunyai kesaktian yang tiada tara melebihi putra-putra Pandawa lainnya, misalnya Antareja, Gatutkaca, ataupun Abimanyu. Sepupunya yang setara kesaktiannya hanya Antasena saja. Namun bedanya, Antasena bersifat polos dan lugu, sedangkan Wisanggeni cerdik dan penuh akal. Dia bisa merubah menjadi api yang menyala-nyala, bisa terbang seperi Gathutkaca, bisa ambles bumi seperti Antareja, dan bisa hidup di air seperti Antasena. Dia selalu dilindungi oleh Sanghyang Pada Wenang sehingga para dewa tidak ada yang mampu mengalahkannya..

52524_180197045501835_1607063641_o

wayang kulit dengan tokoh kesatria sebenarnya harus menjelma saat ini, saat bangsa kita mulai terpuruk secara mental karena ulah pemimpin negeri…

Share Button

You may also like...