Menyelam Bebas telah dilakukan sejak dulu

Jauh sebelum ada alat scuba, para penduduk pesisir pantai sudah memiliki teknik menyelam tanpa alat yang kini dikenal sebagai free dive. Berbeda dengan scuba diving, free dive tidak membutuhkan alat bantuan kecuali masker renang. Menurut Nadine Chandrawinata, artis yang pernah beberapa kali free dive, inti dari free dive adalah jangan panik.

Teknik menyelam seperti ini mengutamakan kekuatan paru-paru dan berapa lama Anda bisa menahan nafas di bawah air. Banyak-banyaklah latihan dengan mereka yang sudah berpengalaman, ujar Nadine kepada detikTravel, Kamis (5/7/2012). Latihan bisa dilakukan di kolam renang dan praktek langsung bisa dilakukan di perairan tenang.

Pintar-pintarlah mengatur oksigen yang ada di paru-paru. Jangan tunggu oksigen habis baru naik ke permukaan, namun jangan terlalu cepat naik jika masih merasa ada cukup oksigen di paru-paru. Biasakan diri untuk berada di kedalaman, semakin dalam, tekanan akan semakin kuat, biasakan dengan hal itu. Juga jangan panik saat terjadi masalah. Kepanikan hanya akan membuat Anda kehabisan oksigen lebih cepat dari semestinya.

Free-diving-Indian

Share Button

You may also like...