Mahluk laut yang wajib di hindari saat snorkeling & free dive : Bulu Babi

Hewan laut yang satu ini memang selalu ada di hampir seluruh perairan Indonesia. Dengan duri diseluruh tubuhnya, hewan ini nampak menyeramkan, apalagi jika kita tertusuk durinya. Ada beberapa varian warna bulu babi, diantaranya yang sering kita jumpai berwarna hitam namun yang berwarna coklat, ungu, merah dan hijau juga ada loh. Duri yang ada diseluruh tubuh bulu babi beracun, semakin cerah warna bulu babi menunjukan semakin keras racun yang dimilikinya. Jika kita tertusuk durinya maka duri tersebut tertinggal di kulit dan tentu saja rasanya sakit.

Untuk menghindarinya saat bersnorkeling atau free dive adalah menjaga tubuh kita untuk tidak menginjak atau menyentuh dasar laut atau terumbu karang karena kemungkinan bulu babi bersembunyi di pasir dasar laut atau di selal-sela terumbu karang. Ada baiknya kita melakukan kegiatan snorkeling dan free dive di kedalaman lebih dari 2m agar posisi tubuh kita tetap mengapung di permukaan dan kaki kita tidak menyentuh dasar atau terumbu karang.

Pertolongan pertama jika kita tertusuk bulu babi :
1. Segeralah menjauh dari lokasi tempat kita tertusuk dan cabut duri yang tertinggal di kulit dengan pinset atau alat lain, jika masih sulit diamkan saja hingga secara alami imun tubuh kita akan menghancurkan duri tersebut.
2. Kita tidak tahu seberapa kuat racun yang ada pada duri yang tertinggal di kulit, untuk menetralkan racun tersebut gunakan ammonia cair jika kita tidak ada ammonia cair jangan kuatir, urin manusia mengandung ammonia segera pipisi saja tubuh yang tertusuk.
3. Untuk mengurangi rasa nyeri kita bisa mengompresnya dengan air hangat.
4. Jika terjadi pembengkakan segeralah berobat ke dokter untuk disuntik anti tetanus.

Manfaat bulu babi :
1. Jangan salah bulu babi kini dikonsumsi karena memiliki protein yang tinggi apalagi telurnya mengandung zat besi, mineral dan asam amino.
2. Selain bergizi juga dapat menurunkan kolesterol dalam darah, menurunkan tekanan darah, memperbaiki metabolisme, menambah vitalitas dan lain-lain.

jadi Langers sekalian gak usah kuatir dan tetap waspada saat kita melakukan kegiatan di pantai dan laut ya, masih ada beberapa mahluk yang patut kita waspadai…nantikan info berikutnya…

b

Share Button

You may also like...