Mahluk laut yang wajib di hindari saat snorkeling & free dive : Ubur-ubur

Dengan bentuk dan gerakannya yang lucu, ternyata ubur-ubur memiliki sengatan yang berbahaya. Ada sekitar 1.800 jenis ubur-ubur yang sebagian besar jika kita sentuh akan terasa gatal. Jenis yang paling berbahaya adalah ubur-ubur kotak yang masuk ke dalam kelompok Cuboza, memiliki racun yang kuat dan mematikan. Ubur-ubur kotak terkenal dengan sebutan suckerpunch karena sulit terdekteksi sengatan racunnya dan hampir transparan.

Berikutnya jenis ubur-ubur yang sangat berbahaya adalah Portuguese man o war jellyfish, ubur-ubur ini mengapung di permukaan air. Dengan tudung yang berisi udara terlihat seperti kapal perang portugis dan memiliki tentakel bisa sepanjang 2m, menjauhlah jika melihatnya. Jika tentakel itu menempel pada tubuh kita akan sulit dilepaskan dan tidak mudah putus. Jelas racunnya kuat dan mematikan.

Pertolongan pertama :
Cuka dan alkohol adalah cairan yang efektif jika terjadi sengatan dengan membasuh bagian tubuh yang tersengat namun tetap harus segera berobat ke dokter/klinik karena tidak semua racun ubur-ubur dapat dinetralisir dengan cuka atau alkohol. Jangan membasuhnya dengan air tawar atau menggosok bagian yang luka karena akan mempercepat masuknya racun dalam darah kita.

Langers, lihatlah lebih teliti area tempat kita akan melakukan snorkeling & free dive sebelum terjun ke laut…

ubur

Share Button

You may also like...