Mahluk laut yang wajib di hindari saat snorkeling & free dive : Karang Api

Terumbu karang yang cantik dan beraneka warna untuk dinikmati dengan snorkeling atau diving, namun ada beberapa jenis terumbu karang yang harus di waspadai, seperti Fire Coral atau karang api. Karang sebenarnya bukan batu atau benda mati melainkan sejenis hewan yang dapat tumbuh. Disebut karang api karena apabila kita tergores akan membuat kulit terkelupas rasa sakitnya seperti terbakar api.
Sengatan karang api sulit terdeteksi karena racunnya baru mulai menyebar 5-30 menit setelah kita tergores dan kita biasanya kurang menyadarinya. Hindari mencuci goresan karang api dengan air tawar karena hanya akan menyebabkan sel penyengat bersarang di kulit dan meningkatkan rasa seperti terbakar. Memang racun fire coral larut dalam air hangat, jadi kita bisa merendamnya luka goresan tersebut dalam air hangat dan racun tersebut akan terurai dengan cepat. Cuci segera dengan betadine lalu basuh dengan cuka dan salep antibiotic yang mengandung cortisone. Jangan di garuk nanti infeksi..

Nah Langers kesimpulannya memang kita harus menjaga kelestarian alam ini dengan tidak menyentuhnya, selalin berbahaya buat kita juga buat mahluk laut itu sendiri.

coral

 

Share Button

You may also like...