Hiu Predator pemalu

Shark_waters_thumb._2

Hiu, predator laut yang menakutkan membuat nyali ciut bagi siapapun yang melihatnya. Namun, tidak dengan para penyelam, yang justru merasa bangga bila bertemu hiu saat di bawah laut.

Reputasi hiu sangat buruk di mata manusia. Hiu dianggap sebagai predator ganas yang harus dijauhi karena dapat memangsa apa saja di dekatnya.

“Hiu itu tidak seagresif kelihatannya, kok. Apalagi hiu di perairan Indonesia yang hangat, cenderung hiu-hiu yang tenang,” kata Riyanni Djangkaru, penyelam dan mantan presenter “Jejak Petualang” dalam acara ‪#‎Wegohangout‬ di Jakarta, belum lama ini.

“Hiu itu justru akan menjauh kalau ada manusia, mereka cenderung hewan yang pemalu,” sahut Gemala Hanafiah, penyelam yang juga hobi berselancar.

Kebanyakan hiu menyerang manusia lantaran kecelakaan atau diprovokasi. Pada dasarnya, hiu tidak memangsa manusia, hanya ikan-ikan besar atau anjing laut.

“Tidak perlu takut bertemu hiu, asal jangan diganggu. Buat diver, bertemu hiu itu prestise, lho!” timpal Dayu Hatmanti, Miss Scuba International 2011, pada kesempatan yang sama. Jadi, masih takut bertemu hiu? (http://travel.okezone.com/)

Share Button

You may also like...